OBORMOTINDOK.CO.ID, Luwuk – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menargetkan peningkatan ruas jalan di wilayah Kepala Burung tuntas hingga tahun 2022. Kepala Burung meliputi Kecamatan Bualemo, Balantak Utara, Balantak Selatan, Balantak Utara, dan Kecamatan Mantoh.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sulteng Saefullah Djafar mengatakan, 2021 ruas jalan Desa  Pangkalaseang, Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai yang dikerjakan.  “Untuk  tahun 2021 penanganan peningkatan jalan hanya pda ruas Pangkalasean-Balantak, (anggaran) sekitar Rp 5 miliar lebih,” jelas dia, Sabtu (10/7).

Kemudian tahun 2022,  ujar Saefullah, direncanakan seluruh ruas jalan rusak akan ditangani, mulai dari Desa Poh hingga Siuna, Kecamatan Pagimana, kemudian jalan menuju  Kecamatan Bualemo. Lalu dari Bualemo memutar sampai Desa Pangkalaseang, Bonebakal, dan Desa Bunga, Kecamatan Luwuk Utara.

“Penanganan pada setiap ruas akan menggunakan metode penanganan long segmen, di mana dalam satu ruas, akan ada berbagai tipe penanganan. Jadi akan ada perubahan metode penanganan untuk seluruh ruas di kepala burung,” katanya. (san)

Phian