OBORMOTINDOK.CO.ID. KOLONODALE – Pemerintah melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat!(SP4N-Lapor!) menyediakan kanal-kanal media sosial seperti facebook, whatsapp, youtube, twitter dan instagram untuk masyarakat guna menyampaikan pengaduan tetang berbagai hal terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Di Kabupaten Morowali Utara sendiri, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada hari Selasa (30/5) menyelenggarakan bimbingan teknis implementasi SP4N-Lapor!, ini bagi para operator medsos yang akan bertugas.

Agenda itu dibuka Wakil Bupati H.Djira dan dihadiri oleh para kepala OPD di Ruang Pola Kantor Bupati di Kolonodale.
Wabup H.Djira mengatakan, layanan SP4N-Lapor! merupakan upaya pemerintah memperluas akses keterbukaan informasi untuk pengaduan masyarakat terkait kondisi pelayanan publik oleh aparatur pemerintah serta kondisi-kondisi lainnya sebagai bahan evaluasi di bidang-bidang mana pelaksanaan tugas aparatur ini yang belum memuaskan masyarakat.

Apabila SP4N-Lapor! ini nanti mulai dibuka, dipastikan akan banyak pengaduan, keberatan bahkan kritikan yang akan masuk, sehingga para operator harus sigap dan tanggap untuk melayani, merespon dan menindaklanjuti reaksi-reaksi dari masyarakat tersebut.
Dengan keterbukaan informasi ini kata Djira, tidak ada lagi yang bisa disembunyikan terkait dengan tugas mengurus pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Semua akan terawasi, terkoreksi langsung oleh siapapun. Tapi jangan khawatir apalagi takut kalau ada pengaduan-pengaduan dari masyarakat. Tak usah khawatir dan tergangu bahkan sebaliknya, dengan keterbukaan informasi ini kita akan terbantu karena ada banyak hal yang awalnya kita tidak tahu akan menjadi tahu,” ujarnya.

Olehnya itu, Wabup Djira meminta semua operator dan admin kanal-kanal SP4N-Lapor!, ini selalu peka dan respon terhadap pengaduan masyarakat. Bekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan agar tidak salah jawab sehingga justru mendatangkan kegamangan dan kebingungan masyarakat bahkan mungkin keributan dan kondisi-kondisi tidak nyaman di masyarakat.

“Sebagai aparatur, ini pilihan kita, siap menerima koreksi dan aduan, karena yakin saja bahwa bila masyarakat masih mau menggunakan kanal SP4N-Lapor! ini, berarti masyarakat masih membutuhkan kita dan kita punya ruang untuk mengabdi kepada masyarakat,” kata Wabup lagi. **

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

Semuel Siombo