OBORMOTINDOK.CO.ID. BALUT- Tak ada yang menyangka. Apalagi masyarakat yang baru melihatnya. Seperti biasanya penumpang KM. Harapanku Mekar Rute dari Luwuk menuju Banggai Laut, dihibur langsung oleh Sofyan Kaepa orang nomor satu di Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Untuk memecah kebisuan saat KM. Harapanku Mekar berlayar menuju Balut Sabtu (30/7_2022), dia langsung berinisiatif membuat suasana menjadi riang gembira dengan suara merdunya.

Tepatnya berada di kantin Kapal, sambilm menyeruput kopi, dengan santainya ia menyanyikan lagu tembang kenangan andalannya yang berjudul “Kau yang Ku sayang”. Tembang lawas yang dipilihnya itu adalah karya musisi legendaris ternama Gito Rollies.

Dengan lagu itu, Sofyan seolah memberikan isyarat kepada penumpang agar dapat menyanyikan lagu ini bersama sama sebagai penghantar waktu sebelum ABK KM Harapanku Mekar membuang tali jangkar di dermaga Pelabuhan Balut.

Selain lagu tembang kenangan, dia juga menyanyikan lagu daerah khas Maluku berjudul “Sio Mama” yang sangat familiar dikuping masyarakat.

Merasa terhibur, penumpang yang saat itu berada di sekitar kantin ikut bernyanyi sambil sesekali melontarkan kata kata untuk memuji Sofyan.

Kata kata yang sering terdengar menyela riuhnya nyanyian yakni,” luar biasa pak Bupati, lanjut, tambah lagi lagunya pak bupati”, ungkap para penumpang.

Sejumlah informasi menyebutkan, rupanya bukan kali ini saja Sofyan menghibur penumpang dengan lagu lagu tembang kenangan, tapi sudah sering kali ketika menaiki KM. Harapanku Mekar.

Berdasarkan informasi yang diterima Obormotindok.co.id, kabarnya, sehari sebelumnya Sofyan bersama Tim Pemda Balut melakukan perjalanan Dinasnya ke Kota Luwuk guna menghadiri acara penutupan MTQ ke 29 Se Provinsi Sulawesi Tengah.

Diinformasikan, Sofyan Kaepa dilantik langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola, sebagai Bupati berpasangan Wakil Bupati Ablit H Ilyas, resmi memimpin Bupati Kabupaten Banggai Laut periode 2021-2024.

Pelantikan saat itu berlangsung pada Jumat (26/2/2021) di Gedung Jodjokodi Convention Center (JCC), Jl Moh Yamin, Kelurahan Lolu Selatan Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Keduanya memiliki Visi “Mewujudkan Kearifan Lokal yang Berbudaya”. Dan pada pemerintahannya akan merealisasikan 110 Janji sebagai program andalan diantaranya ;

Membentuk Peraturan Daerah (PERDA) menyangkut adat Banggai.
Mengeluarkan Peraturan Bupati (PERBUB) dalam kaitan pelaksanaan program pembinaan dan pelestarian adat Banggai.

Menata hubungan antara adat dan budaya Banggai yang hidup berdampingan dengan adat dan budaya dari luar yang telah ada.

Aku pun (wartawan media ini) sempat mengabadikan diri dengan foto bersama Bupati Sofyan Kaepa usai beliau membawakan lagu andalannya.(fan)

Phian