OBORMOTINDOK.CO.ID. Morut– Asisten Administrasi, Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Morowali Utara (Morut) Ir. Ridwan Nonci buka Kegiatan Forum Group Discussion Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Lapor di Hotel Nayla Kolonodale, Rabu (20/04/2022).
Hasim R. S.Kom, M.Si selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini bertujuan guna merealisasikan kebijakan “No Wrong Door Policy” yang menjamin hak masyarakat agar segala bentuk pengaduan dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.
Ia juga menyampaikan bahwa pengaduan masyarakat yang disampaikan baik melalui SMS, Website, Sosial Media maupun Mobile Application ini wajib diberikan jawaban minimal 3×24 jam sejak diterimanya laporan.
Lapoan yang diterima kata dia, nantinya masuk melalui admin pusat di Kementrian PAN-RB lalu diteruskan ke Admin Daerah dalam hal ini Diskominfo Daerah untuk selanjutnya diteruskan lagi kepada Admin yang berwenang memberikan tanggapan terhadap pengaduan masyarakat di masing-masing instansi pemerintahan.
Sementara itu, Ir. Ridwan Nonci selaku perwakilan dari Pemda Morowali Utara sangat menyambut dengan baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan publik di masing-masing instansi pemerintahan dalam hal pengelolaan pengaduan pelayanan publik daerah.
“Tugas dan tanggung jawab kita dalam pengelolaan informasi serta pengaduan publik wajib ditingkatkan agar pelayanan publik di Kabupaten Morowali Utara ini dapat terus ditingkatkan. Kami sangat bangga atas penghargaan yang baru saja diterima beberapa waktu lalu oleh Diskominfo Kabupaten Morowali Utara sebagai Kabupaten paling responsif terhadap pengaduan masyarakat. Kami berharap para perwakilan dari masing-masing instansi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik khususnya dalam memberi perhatian dalam pengelolaan terhadap pengaduan dari masyarakat”, pungkasnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Hasim R. S.Kom, M.Si selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Nampak hadir dalam kegiatan ini Drs. Ivan Rizal Mareoli selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupten Morowali Utara, Rahmawati Donda SE, MM selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Morowali Utara serta dihadiri oleh 46 operator yang bertugas sebagai Admin Penghubung pada Perangkat Daerah dan 10 Kecamatan di Kabupaten Morowali Utara. (cm)