OBORMOTINDOK.CO.ID, Luwuk-Bupati Amirudin tak tinggal diam. Pada Sabtu (24/7) malam,  orang nomor 1 di Kabupaten Banggai itu mendatangi Kecamatan Toili. Di wilayah lumbung padi ini, ia memimpin apel gabungan di kantor camat dan mendatangi sejumlah lokasi  untuk menyososialisasikan penerapan PPKM skala mikro.

Di hadapan Satgas Covid-19 Kecamatan Toili, Bupati menyatakan, data Dinas Kesehatan menunjukkan peningkatan kasus Covid-19. “Kita masuk zona merah,” ujar dia.

Karena itu, Sabtu malam itu Bupati Amirudin mengajak kepadaSatgas Covid-19 Kecamatan Toili untuk menyosialisasikan terkait pandemi ini kepada masyarakat setempat di sejumlah titik keramaian, kemudian melakukan razia masker. “Kita ambil sampe swab antigen untuk masyarakat yang berkeliaran tanpa masker di keramaian,” ujar dia.

Ia juga menegaskan agar Satgas Covid-19 Kecamatan Toili agar benar-benar serius dalam penanggulangan Covid-19, sehingga masyarakat bisa patuh terhadap protokol kesehatan. “Untuk masyrakat yang terkonfirmasi positif, khususnya yang isolasi mandiri di rumah diberi pemahaman, sehingga mereka mengisolasi diri selama 14 hari,” katanya.

Masyarakat tak  perlu khawatir karena pemerintah daerah memberikan bantuan obat-obatan, vitamin, dan bahan pokok selama masa isolasi.  Pemerintah daerah juga telah menyiapkan  rumah isolasi pasien bergejala untuk masyarakat Kecamatan Toili dan sekitarnya, lokasinya berdampingan dengan Polsek toili. “Itu bisa menampung kurang lebih 50 orang,” terangnya.

Setelah apel gabungan, Bupati bersama Satgas Covid-19 mendatangi sejumlah tempat keramian seperti rumah makan dan kafe. Masyarakat yang tak menggunakan masker langsung diswab antigen. (san)

Phian