OBORMOTINDOK.CO.ID – Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, Jumat 31 Desember 2021 di kantornya melantik dan mengambil sumpah 116 pejabat fungsional melalui penyetaraan jabatan.

Pejabat fungsional yang dilantik itu adalah bagian dari 155 pejabat yang direkomendasi Kemendagri. Tersisa 39 jabatan belum dilaksanakan pelantikan yang terdiri 25 status menunggu pertimbangan teknis, 13 lainnya kosong, dan 1 jabatan kasubid pengesahan SPJ berubah menjadi Kasubid penatausahaan belanja langsung di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Bupati Sofyan Kaepa dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dilaksanakan sebagai upaya pembinaan karir aparatur sipil negara. Pelantikan ini berdasarkan sistem merit.

Sistem merit adalah sistem yang mendasarkan kepada keadilan, kemampuan, prestasi, dan kinerja sebagai landasan dalam proses rekrutmen, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin, dan pensiun pegawai.

“Ini bukan hukuman jabatan, tetapi ini aturan dan strategi pemerintah dalam meningkatkan kinerja aparatur sipil negara,” kata Bupati.

“Bukan saya yang nilai tetapi ada panitia yang menilai. Mulai hari ini tunjukan kinerja Bapak/Ibu jika memenuhi syarat angka kreditnya terpenuhi berarti bisa dilantik. Tidak ada itu Bupati keluarga saya. Jika ingin naik perbaiki kinerja, naikan angka kreditnya,” kata Bupati.

Bupati juga menambahkan, pelantikan hari ini adalah pelantikan terakhir di tahun 2021. Januari 2022 akan ada pelantikan lagi, karena masih banyak jabatan yang kosong belum terisi.

“Silakan tingkatkan angka kreditnya. Jika memenuhi angka kredit akan naik jabatannya,” tuturnya. (MI) *

Phian