OBORMOTINDOK.CO.ID. Morut– Wakil Bupati Morowali Utara, (Morut), H. Djira menegaskan bahwa Pemkab Morut di bawah kepemimpinan Delis J. Hehi dan H. Djira memiliki komitmen yang kuat dan sedang merealisasikan penataan dan pembangunan Kota Kolonodale menjadi sebuah kota yang sejajar dengan kota-kota modern lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: Melalui Pokir, Anggota DPRD Dari Partai Nasdem Salurkan Bantuan Seng Untuk Rumah Ibadah

Hal itu disampaikan, saat memberikan sambutan pada acara Penyelarasan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Kolonodale,Kamis (8/12).

“Ini adalah janji kami waktu memperkenalkan diri sebagai calon Bupati-Wabup Morut dulu. Hal itu tak akan kami lupakan, dan sudah mulai direalisasikan meski baru setahun delapan bulan memimpin pemerintahan,” ujar H. Djira di Kolonodale,

Wabup didampingi Ketua DPRD Morut Hj. Megawati dan Kepala Dinas PUPR Morut Destuber Mato’ori, ST, M.Sc.

BACA JUGA: Juara 1 Lomba Memasak Serba Ikan, Lembo Raya Wakili Morowali Utara Ikut Lomba Tingkat Provinsi

Dikatakannya bahwa penataan dan pembangunan Kota Kolonodale akan dilaksanakan dengan konsep yang jelas, terencana dengan baik dan mempertimbangkan berbagai aspek.

“Kami tidak ingin mengulangi pengalaman masa lalu dimana kota ini dibangun dengan perencanaan ‘tiba masa tiba akal’ sehingga kepentingan banyak orang justru terabaikan. Sarana hiburan, fasilitas umum dan perkantoran sulit dikembangkan,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Morut itu.

Menurut dia, Kota Kolonodale akan dibangun dengan terencana baik yang melibatkan para ahli yang terkait sehingga hasilnya nanti akan terwujud menjadi kota yang infrastrukturnya baik, bersih, indah, tertib dan permukiman yang tertata rapih sehingga kota ini bisa sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia.

Sedangkan Kepala Dinas PUPR Morut Destuber Mato’ori mengatakan bahwa pembangunan dan penataan Kota Kolonodale telah dimulai dengan membuat master plan (rencana umum tata ruang) bersama DPRD setempat.

Master plan ini akan menjadi dasar bagi penyusunan semua program dan kegiatan untuk membangun dan menata Kolonodale menjadi ibu kota Morowali Utara yang modern.

Rapat koordinasi Penyelarasan Rencana Detail Tata Ruang (RUTR) Kawasan Perkotaan Kolonodale kali ini akan membahas berbagai hal-hal detail dalam menyusun perencanaan yang komprehensif untuk membangun Kota Kolonodale yang sejajar dengan kota-kota maju lainnya di Indonesia. (MC)

BACA JUGA: Hari Pertama Masuk Kantor, Kades Uso Nasrullah Gelar Apel Pagi dan Rapat Koordinasi

Phian