OBORMOTINDOK.CO.ID. Kolonodale– Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara (Morut), bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Morut akan menyelenggarakan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat umum.

Acara ini merupakan bagian dari Program Dokter Spesialis Lintas Desa (Pro DELIS) dan akan berlangsung di Puskesmas Molino, Kecamatan Petasia Timur, pada Kamis (20/6/2024).

Dalam satu hari penuh, sejumlah dokter spesialis dari RSUD Kolonodale akan membuka praktik dan memberikan layanan kesehatan gratis. Targetnya adalah melayani 1.000 pasien.

Dokter spesialis yang akan berpartisipasi antara lain dokter spesialis penyakit dalam, dokter anak, dokter gigi, dokter jantung, dan beberapa dokter ahli lainnya.

Setiap kali kegiatan Pro DELIS diadakan di berbagai kecamatan, jumlah pasien yang ditangani selalu melebihi 500 orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Morut, Arif Paskal Pokonda, mengemukakan bahwa pelayanan kesehatan Pro DELIS di Molino ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diadakan di tempat tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Morut yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera (SCS),” jelasnya.

Selain pengobatan gratis, kegiatan lainnya termasuk senam bersama dan penyuluhan kesehatan, gerakan sekolah sehat, pelayanan keluarga berencana (KB), pemberian makanan tambahan bagi balita stunting, dan posyandu lansia.

Senam bersama akan dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Molino mulai pukul 07.00 pagi, dengan menghadirkan bintang tamu instruktur zumba Zin Rizka Spaer dari Makassar. (teguh).

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Semuel Siombo