OBORMOTINDOK.CO.ID. Palu– Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura bersama dengan Unsur Forkopimda menghadiri Sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Apel Mapolda Sulteng, Senin pagi 17 Juni 2024.

Gubernur H. Rusdy Mastura tiba di Mapolda Sulteng pada pukul 06.30 WITA, didampingi oleh Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto. Keduanya tampak mengenakan baju koko lengkap dengan sajadah. Kehadiran mereka disambut hangat oleh Kapolda Sulteng, Irjen Pol Dr. Agus Nugroho.

Setelah tiba, Gubernur dan rombongan langsung menuju shaf paling depan bersama Unsur Forkopimda serta jajaran TNI/Polri. Ratusan warga juga turut serta dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha ini.

Sholat Idul Adha kali ini dipimpin oleh Imam H. Maulana, sedangkan Khatibnya adalah Prof. Dr. KH. Zainal Abidin. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur H. Rusdy Mastura menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolda Sulteng yang telah menginisiasi pelaksanaan Sholat Idul Adha di Mapolda Sulteng.

“Sholat Idul Fitri kemarin dilaksanakan di Makorem yang juga dihadiri Unsur Forkopimda. Hal ini menunjukkan soliditas Forkopimda yang terbangun dan kuat untuk menjaga harmonisasi pembangunan,” ungkap Gubernur Rusdy Mastura.

Gubernur juga mengingatkan bahwa Idul Adha sering disebut sebagai lebaran haji, yang identik dengan prosesi penyembelihan hewan kurban bagi umat Islam yang mampu. Oleh karena itu, Idul Adha tidak hanya disebut lebaran haji tetapi juga hari raya kurban.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura juga menyampaikan bahwa kuota haji Sulawesi Tengah tahun ini mencapai 2.073 orang, ditambah dengan 34 petugas haji kloter. Dari jumlah tersebut, 24 jemaah mutasi keluar dari Sulawesi Tengah dan 12 jemaah mutasi masuk ke Sulawesi Tengah, sehingga jumlah riil jemaah haji dari Sulawesi Tengah adalah 2.061 orang, ditambah 33 petugas kloter dari Sulawesi Tengah.

Gubernur berharap agar jemaah haji asal Sulawesi Tengah dapat menjalankan segala tahapan ibadah dengan lancar dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat serta mendapatkan predikat haji mabrur.

Setelah sholat, Gubernur H. Rusdy Mastura bersalaman dengan para jemaah dan melanjutkan kegiatan dengan menyerahkan bantuan sapi kurban kepada Kapolda Sulteng. Sapi kurban tersebut akan disembelih dan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Jum Amar