OBORMOTINDOK.CO.ID. BANGKEP–. Sebagai bentuk komitmen dan konsisten terhadap pemenuhan hak perlindungan anak, Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan bertekad akan menjadikan daerah tersebut sebagai kabupaten layak anak (KLA).

Untuk memenuhi hal itu, pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan akan memprogramkan pembangunan yang berbasis responsif gender dan pemenuhan hak asasi manusia.

“Pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam tumbuh kembangnya, akan menjadi salah satu prioritas pemerintah,” ujar Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir.

Ihsan Basir mengatakan, perencanaan KLA sudah menjadi hal prioritas sebab telah terakomodasi dalam rencana kegiatan pembangunan daerah.

Ihsan Basir juga menyampaikan, untuk proses percepatan mewujudkan KLA, Ia dan jajarannya telah berkoordinasi dengan Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nahar, di Jakarta beberapa pekan lalu.

“Pertemuan tersebut telah melahirkan beberapa kesimpulan di antaranya Pemkab Banggai Kepulauan dan Kementerian PPPA akan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat terkait dengan pencegahan dan pelaporan kekerasan terhadap anak,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Banggai Kepulaua akan penyediaan sarana dan fasilitas seperti ruang publik ramah anak, seperti masjid ramah anak dan gereja ramah anak.

Tambahnya, untuk mewujudkan misi kabupaten layak anak, pemerintah akan menargetkan kota layak anak (KLA) pratama, sebagai penunjang motivasi meningkatkan prestasi KLA kedepannya.

Sehingganya, untuk metode pembentukan karakter anak yang baik, terlebih dahulu diperlukan penguatan hubungan antara orang tua dan anak.(dn/ks)

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

ombatui