OBORMOTINDOK.CO.ID. BALUT- Setelah melalui seleksi yang ketat, sebanyak 21 orang anitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Banggai Laut diambil sumpah dan dilantik, Jum’at (28/10) di Hotel Carabela Desa Lampa Kecamatan Banggai. Pelantikan panwascam tersebut dihadiri Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa serta perwakilan kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai Laut Suparto Bungalo mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa. Karna baginya, dengan hadirnya Bupati dalam pelantikan pengawas kecamatan sebagai bentuk support kepada pengawas kecamatan. Karna kedepannya juga, pengawas kecamatan akan diberikan sekretariat dari pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati.

“Kehadiran Bupati memberikan support kepada teman-teman pengawas pemilu kecamatan, Teman-teman bisa bekerja secara maksimal, dan nantinya akan dibantu dalam hal kesekretariatan teman-teman di kecamatan,” kata Ketua Bawaslu Suparto.

Lanjut, Parto (Panggilan akrab Ketua Bawaslu), sumpah dan janji yang telah diambil bukan hanya untuk ke Ketua Bawaslu tetapi sumpah dan janji itu berbicara langsung dengan Tuhan.
“Sayaya yakin dan percaya teman-teman yang baru saja dilantik ini merupakan panwas yang terpilih dan berintegritas. Kalau teman-teman tidak punya integritas saya yakin pemilu kita tidak baik,” tuturnya.

“Saya titipkan kepada teman-teman panwascam untuk jaga sikap, jaga integritas dan jaga independensi. Siapa pun yang jadi calon baik itu calon pilkada maupun calon legislatif, calon presiden, calon gubernur, itu harus dijaga. Kalau teman-teman tidak menjaga integritas siapa lagi yang bisa menjaga pemilu ini,” tegas Parto.
“Menciptakan demokrasi yang berkualitas berawal dari penyelenggara yang berintegritas,” tuturnya. (MI)

Phian