OBORMOTINDOK.CO.ID, BALUT – Mahasiswa KKN-MB Angkatan XXXII Universitas Muhammadiyah Luwuk, merealisasikan Program kerja salah satunya program pengembangan kewirausahaan, pengelolaan pisang mentah menjadi keripik pisang dengan taburan coklat.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreatifitas ibu rumah tangga dalam pengelolaan buah Pisang untuk di jadikan usaha Rumahan, pelatihan itu berlangsung di kelurahan Dodung, kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Minggu (31/07/22).

Nuraidah salah satu mahasiswa KKN Posko kelurahan Dodung, menyampaikan “di samping konsumsi ringan untuk keluarga, keripik pisang coklat ini bisa di jadikan sebagai usaha rumahan, untuk ibu-ibu sekalian pasarkan sehingga bisa menambah penghasilan ibu rumah tangga” paparnya.

Ia juga menambahkan untuk pemasarannya bisa langsung di jual pada warga sekitar, dan bisa melalui media sosial atau menjalin kerja sama dengan kelompok UMKM untuk pemasaran lebih luas lagi.

“untuk pemasaran bisa kita jual pada warga, baik itu secara langsung maupun melalui media sosial, atau bisa juga di titip pada Kelompok UMKM yang ada di kabupaten Banggai laut, sehingga penjualannya bisa lebih luas lagi” jelas Nur sapaan akrabnya.

Pelatihan tersebut, di fokuskan pada cara pengelolaan buah pisang, menjadi keripik pisang yang di campur dengan bubuk coklat, sampai pada tatacara pengkemasan agar layak untuk di pasarkan.

Merasa mendapatkan pengetahuan baru terkait pengelolaan buah pisang, ibu lija (54 th) menyampaikan, “Terima kasih sudah menggelar sosialisasi ini, sebelumnya kami sudah pernah ikut kegiatan seperti ini, tetapi untuk bahan dasar pisang di olah menjadi keripik pisang coklat, baru kali ini kami tau, semoga apa yang di ajarkan pada kami ini bisa kami praktekan di rumah masing-masing” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, akan berencana membuka usaha penjualan keripik pisang coklat untuk di pasarkan pada warga.

“Jika nanti sudah cukup modal saya berencana untuk membuka usaha ini, supaya bisa menambah penghasilan ekonomi Rumah tangga” Tutupnya.*

ombatui