OBORMOTINDOK.CO.ID. PaluSapi jantan kurban bernama ‘Si Arjuna’, bantuan kemasyarakatan (Banmas) dari Presiden Jokowi untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, resmi diserahkan pada Senin (17/6).

Sapi berjenis Limosin dengan bobot 900 kg ini berasal dari Desa Tinombala, Kabupaten Parigi Moutong. Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, kepada pengurus Masjid Jami Talise di Kota Palu.

Melalui hasil uji laboratorium UPT Veteriner, ‘Si Arjuna’ dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit mulut dan kuku, infeksi cacing, serta penyakit menular hewan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih atas Banmas dari Presiden Jokowi yang penyalurannya difasilitasi oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Sulawesi Tengah.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk melakukan moderasi beragama yang baik dalam perayaan Idul Adha.

Gubernur Rusdy Mastura juga mengapresiasi upaya Dinas Peternakan dan Perkebunan dalam mengembangbiakkan sapi-sapi potong berkualitas seperti Angus, Limosin, dan Wagyu melalui inseminasi buatan (IB).

“Apalagi pihak dinas telah menyediakan 80 ribu straw beku yang siap didistribusikan ke peternak,” tambahnya.

Gubernur berharap ke depan, Sulawesi Tengah dapat mengirim seribu ekor sapi ke Kalimantan sebagai langkah strategis untuk mengeskalasi pendapatan daerah dari sektor peternakan.

Acara penyerahan sapi kurban ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra merangkap Plt Dinas Perkebunan dan Peternakan Dr. Rohani Mastura, S.Sos, M.Si, Kepala Kesbangpol Drs. Arfan, M.Si, Kepala Biro Kesra Drs. Awaludin, M.M, serta Ketua FKUB Sulteng Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Jum Amar