OBORMOTINDOK.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong mengirim tiga pelajar mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengikuti beberapa kompetisi tingkat nasional di DKI Jakarta.

“Ajang yang diikuti pelajar tingkat SMP yakni Lomba Gala Siswa Indonesia, Kompetisi Siswa Nasional di Bidang Sains, dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2021,” kata Kepala Bidang Manajemen SMP Disdikbud Parigi Moutong Ince Pina di Parigi Mountong, Kamis, 11 November 2021.

Tiga pelajar yang mengikuti kompetisi tingkat Nasional itu adalah Ramanda Dananjaya pelajar asal SMP Negeri 1 Sausu pada Lomba Gala Siswa Indonesia, Kadek Indra Mulyaningsih asal SMP Satap Negeri Karya Mandiri mengikuti Kompetisi Siswa Nasional Mata Pelajaran IPA, dan Muhamad Ibnu Syaqiq Latjuba asal SMP Negeri 1 Parigi berlaga di KOSN untuk cabang olah raga Silat.

Rencananya, tiga pelajar tersebut diberangkatkan pada Selasa 16 November 2021 dengan harapan dapat mengharumkan nama daerah.

Ia memaparkan, pada tahapan seleksi beberapa waktu lalu, masing-masing peserta membuat rekaman video berkait penguasaan materi sesuai petunjuk teknis pelaksanaan.

“Gala Siswa Indonesia misalnya, peserta mengirim rekaman video berdurasi satu menit ke panitia di Jakarta untuk di nilai,” ujar Ince.

Yang mana, Gala Siswa Indonesia tahun 2021 adalah perhelatan sepakbola yang ke-4 kalinya sebagai program kolaborasi tahunan antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mencetak pemain berbakat timnas Indonesia U-16.

Khusus gala siswa Indonesia, para peserta masih terus dilakukan seleksi hingga masuk 30 besar.

“Pencarian bakat sepakbola perwakilan Sulawesi Tengah terpilih empat orang, dua orang berasal dari Kota Palu, lalu dua orang lainnya berasal dari Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong. Mereka mengikuti trening center (TC) di Jakarta untuk seleksi masuk 30 besar,” ungkap Ince.

Sedangkan kompetisi siswa Nasional bidang sains, katanya, Kadek Indra Mulyaningsih pelajar asal Parigi Moutong ini menjuarai kompetisi dari tingkat kabupaten/kota, provinsi yang saat itu dilaksanakan secara virtual hingga diutus menjadi perwakilan Sulawesi Tengah berlaga di tingkat Nasional dan kegiatan itu akan berlangsung tatap muka.

“Jika pelajar-pelajar ini lolos di tingkat nasional, kemungkinan besar dapat mewakili Indonesia ke ajang internasional,” demikian Ince. *

 

Sumber: Antara

Phian