OBORMOTINDOK.CO.ID. PaluCelebes Bergerak bekerja sama dengan Yayasan Gemilang Sehat Indonesia menginisiasi program pelatihan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) untuk memperkuat pemberdayaan dan perlindungan hak-hak perempuan, Selasa, 25 Juni 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengatasi kekerasan berbasis gender (KBG) di dunia digital dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada peserta dari berbagai latar belakang.

Pelatihan yang dilaksanakan di Parama Su Hotel selama dua hari ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari anggota Srikandi KBG Untad dan Srikandi Kabonena.

Mereka mendapatkan pemahaman mendalam tentang berbagai bentuk kekerasan berbasis gender online, dampaknya terhadap korban, serta strategi pencegahan dan mekanisme pengaduan kasus.

Direktur Pelaksana Celebes Bergerak, Wahyu Perdana Putra, menyatakan bahwa kekerasan berbasis gender online adalah isu mendesak yang memerlukan perhatian serius dari semua lapisan masyarakat.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong pengetahuan dan penggunaan teknologi yang dapat mendeteksi dan mencegah kekerasan berbasis gender online, seperti fitur pelaporan yang lebih efisien di platform digital dan mengenali bentuk-bentuk serangan kekerasan seksual di platform digital,” ujarnya.

Gaby, fasilitator dari Srikandi KBGO Indonesia, menekankan pentingnya ruang aman di dunia digital.

“Setiap orang berhak merasakan ruang aman di dunia digital. Oleh karena itu, kami memberikan praktik melalui beberapa aplikasi dan platform untuk mencegah terjadinya KBGO. Pelatihan ini dikemas dengan model role play yang menawarkan pengalaman belajar interaktif dan mendalam, agar peserta dapat mengembangkan keterampilan praktis untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan individu dalam menghadapi dan menangani kekerasan berbasis gender online,” jelasnya.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan di komunitas mereka dalam melawan kekerasan berbasis gender online.

Mereka akan memiliki keterampilan untuk mengenali, mencegah, dan menangani KBGO, sehingga tercipta lingkungan digital yang lebih aman dan inklusif bagi semua.

Inisiatif Celebes Bergerak dan Yayasan Gemilang Sehat Indonesia melalui pelatihan KBGO ini merupakan langkah penting dalam upaya melawan kekerasan seksual di era digital.

Dengan memperkuat pengetahuan dan keterampilan praktis, para peserta dapat berkontribusi secara aktif dalam menciptakan dunia digital yang aman dan bebas dari kekerasan berbasis gender.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Jum Amar