OBORMOTINDOK.CO.ID. MORUT- Pembalap berusia belia yang telah menorehkan prestasi ajang memacu kuda besi di berbagai daereah bakal menunjukkan skilnya di Sirkuit Ponteo’a, Desa Tinompo, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Bupati Morut, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS secara resmi membuka Turnamen Morut Cup Motorcross Grastrack dalam rangka memperingati HUT ke 10 Kabupaten Ke-10 dan juga HUT ke 78 TNI, Jumat (20/10/2023).

Turnamen ini begitu istimewa, karena dimeriahkan oleh Nafisa yang merupakan salah satu crosser muda asal Malang, Jawa Timur dan juga Regan Mariq yang merupakan pembalap Pra-PON Provinsi Sulawesi Tengah. Ada pula, Andini asal Manado.

Grasstrack ini memperebutkan trophy Bupati Morowali Utara. Event olahraga otomotif yang diinisiasi Pemda Morut bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Tengah diikuti sekitar 50 peserta dari Kabupaten Morut hingga luar daerah, yang akan berlangsung selama dua hari, tanggal 20 sampai dengan 22 Oktober 2023.

Dengan jumlah starter mencapai ratusan orang peserta dalam 25 kelas yang diperlombakan akan bersaing memperebutkan piala Bupati Morowali Utara dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah.

Bupati Delis Julkarson Hehi, didampingi Wakili Bupati Djira bersama Ketua IMI Sulawesi Tengah, Wakapolres Morowali Utara, Kacabjari, Ketua Panitia, Djon F Pehopu, serta jajaran Forkopimda melepas start perdana tanda dimulainya kejuaraan open grasstrack dan motocross itu.

Bupati Delis menyampaikan selamat datang kepada para crosser yang tiba dari berbagai daerah untuk mengikuti turnamen tersebut.

Delis berharap, kehadiran para crosser dari berbagai daerah dapat memotivasi bibit-bibit muda untuk berlatih serta berprestasi di olahraga bergengsi ini.

“Selamat bertanding. Junjung tinggi sportivitas. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dalam event tersebut terdapat 25 kelas yang diperlombakan mulai, dari kelas GTX Trail, GTX bebek sampai dengan kelas motorcross.

Ketua Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sulawesi Tengah, Helmy Umar mengatakan bahwa lahan yang ada sudah memadai untuk dilaksanakannya event nasional. Namun, ada beberapa hal yang masih harus dibenahi, seperti sarana prasarana maupun penataan organisasi.

Helmy optimis, olahraga otomotif ini dapat menjadi sarana bagi para crosser muda dalam mengembangkan bakat.

Helmy menyebut berencana membentuk pengurus IMI Kabupaten Morowali Utara beberapa waktu kedepan.

“Kedepan, kami berharap atlet-atlet potensial akan lahir dari sirkuit ini,” harapnya.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Panitia Penyelenggara, Djon Pehopu menyatakan event kejuaraan grasstrack dan motocross di Kabupaten Morowali Utara ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 10 Morowali Utara dan masih dalam rangka HUT ke 78 TNI.

Menurutnya, pelaksanaan event ini mempunyai makna besar dalam upaya menciptakan wadah pembinaan fisik dan mental bagi para generasi muda, dengan menyalurkan hobi dan minat pada berbagai kegiatan positif yang menantang adrenalin, serta menguji keterampilan dan kemampuan.

“Kejuaraan ini bisa menjadi momentum untuk mempererat silaturahmi dan rasa persatuan di antara para pembalap, yang tidak hanya datang dari dalam daerah maupun kabupaten lain di Sulawesi, namun juga hadir dari luar, seperti, dari Malang Jawa Timur,” kata Djon Pehopu.

Ia berharap, seluruh masyarakat dapat mendukung penuh event ini, agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar, tertib dan aman, sehingga para pembalap, panitia maupun pencinta motocross dapat menikmati kejuaraan ini dengan nyaman.

“Bersainglah dengan rasa persahabatan dan persaudaraan yang kuat, sehingga dapat memupuk persatuan dan kesatuan,” ujar Djon.

Turut hadir mendampingi Bupati Delis, yakni Wakil Bupati Morut H. Djira K, S.Pd, M.Pd, anggota DPRD Morut sekaligus Ketua Panitia Djon Fikles Pehopu, Ketua Pengurus IMI Provinsi Sulawesi Tengah Helmy Umar SE, Wakapolres Morowali Utara Alfian J. Komaling SH, M.Pd, Kacabjari Kolonodale Andreas Atmaji SH, Kapolsek Lembo Ipda Alfred Gagola, Danramil 1311-04 yang diwakili oleh Pelda Hardianto, Sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut, serta Camat Lembo Benyamin P.B. Hambuako, S.Sos. (**)

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Semuel Siombo