OBORMOTINDOK.CO.ID. BUNGINTIMBE- Ratusan rumah tak layak huni milik keluarga berpenghasilan rendah yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Morowali Utara (Morut) direnovasi. Tahun 2022, Pemda Morut telah merenovasi 90 unit rumah.

Program jenis Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman ini akan dilanjutkan lagi untuk 90 rumah lebih di tahun 2023.

“Tahun ini (2023), program ini akan kembali dilanjutkan. Pemda memprogramkan renovasi rumah,” tutur Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR-PKP Morut, Iskandar usai acara penyerahan buku tabungan peserta BSPS oleh Bupati Morut Delis J. Hehi kepada para penerima stimulan ini di Desa Bungintimbe, Kecamatan Petasia Timur, Sabtu (27/5/2023).

Mereka yang menerima bantuan itu berasal dari Desa Peboa, Towara Pantai, Mohoni serta Molino.

Bupati Delis menyebutkan bahwa program BSPS ini merupakan wujud kehadiran pemerintah kabupaten untuk membantu warga kurang mampu dalam memperoleh perumahan yang layak huni.
“Ini semua adalah bagian dari upaya kita mempercepat terwujudnya Morut yang sehat, cerdas dan sejahtera,” kata Delis yang memimpin Morut sejak 30 April 2021 itu.

Bupati Delis juga mengunjungi dua keluarga penerima BSPS 2022 di Desa Molino dan meresmikan perbaikan rumah mereka yakni Ibu Iin Esterina Pakia dan bapak Hamzah.

Baik Ibu Iin yang hidup menjanda maupun Hamzah menyampaikan terima kasih kepada Bupati Morut atas perhatiannya kepada keluarga tidak mampu seperti mereka sehingga kini dapat memiliki tempat tinggal yang baik dan sehat.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR-PKP Morut, Iskandar kembali menjelaskan bahwa para penerima bantuan BSPS tahun 2022 mendapatkan dana stimulan bervariasi masing-masing Rp20 juta dan Rp37,5 juta menggunakan dana APBD murni dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat. Dana ini disalurkan lewat rekening masing-masing yang sebagian besar untuk membeli bahan bangunan.

Program BSPS tahun 2023 ini semuanya akan didanai APBD Morut. Bantuan ini sifatnya stimulant. sehingga tidak sepenuhnya cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh biaya renovasi rumah, harus ada swadaya keluarga penerima.**

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

Semuel Siombo