OBORMOTINDOK.CO.ID. BANGGAI – Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Banggai pada Sabtu (1/6/2024).

Upacara ini adalah bagian dari peringatan tahunan Hari Lahir Pancasila yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni. Pada tahun ini, upacara mengusung tema: “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Dalam sambutannya yang membacakan pesan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Wabup Furqanuddin menegaskan pentingnya Pancasila sebagai pedoman hidup bagi bangsa yang majemuk.

“Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” ujarnya.

Beliau juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tambahnya.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, Furqanuddin optimis bahwa seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi.

Upacara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan penting seperti pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih.

Berbagai elemen masyarakat turut hadir dalam upacara ini, mulai dari pegawai pemerintahan, anggota TNI dan Polri, pelajar, hingga perwakilan organisasi kemasyarakatan. Mereka semua mengikuti rangkaian upacara dengan penuh khidmat.

“Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” diharapkan masyarakat Banggai dan seluruh rakyat Indonesia semakin menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Ainul Haq S