OBORMOTINDOK.CO.ID. Palu– Rapat inventarisasi dan analisis kerjasama daerah yang berlangsung di Palu Golden Hotel dari tanggal 12 hingga 14 Juni 2024 menghadirkan beberapa narasumber utama.

Salah satu narasumber tersebut adalah Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banggai.

Selain itu, turut hadir juga:, Plh. Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, dan Kerjasama Kementerian Dalam Negeri RI; Plh. Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri RI;, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam paparannya, Kepala Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Banggai, Fahmi Arifudin Rizal, SSTP menyampaikan capaian kinerja pelaksanaan kerjasama daerah di Kabupaten Banggai.

Salah satu capaian yang disoroti adalah program 1 Juta 1 Pekarangan Bupati Banggai, yang berhasil mendukung pencapaian program prioritas daerah.

Menurutnya, Kabupaten Banggai telah berhasil mensinergikan program pembangunan pemerintah daerah dengan program CSR perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Melalui kerjasama ini, pemerintah daerah memberikan jaminan dan kesempatan kepada ASN serta masyarakat untuk meningkatkan kapasitas SDM.

Selain itu, kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia telah dilakukan untuk kajian dan pemetaan potensi daerah.

Pemerintah Kabupaten Banggai juga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangkep dan Balut dalam bidang bantuan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pengendalian inflasi.

Sepanjang tahun 2023, Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Banggai berhasil memfasilitasi 96 kerjasama daerah dan memverifikasi 275 Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Kerjasama menyerahkan Laporan Kinerja Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Banggai tahun 2023 kepada Kepala Biro Pemerintahan & OTDA Setda Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Biro Pemerintahan dan OTDA memberikan apresiasi tinggi dan menilai Kabupaten Banggai sebagai yang terbaik se-Sulawesi Tengah dalam pelaksanaan kerjasama daerah.

Ia juga menganjurkan kabupaten lain untuk belajar dari keberhasilan Kabupaten Banggai.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Phian