OBORMOTINDOK.CO.ID. Banggai- Pertamina EP Donggi Matindok Field, bagian dari Pertamina Subholding Upstream Regional Indonesia Timur, kembali menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan dan keselamatan kerja dengan menyelenggarakan kegiatan Medical Check-Up (MCU) Onsite di Versatille Hall Matindok Field.

Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan dan menjaga kesehatan pekerja Donggi Matindok Field tetap Optimal.

Sebagai bentuk internalisasi di Pertamina, pelaksanaan MCU ini merupakan hasil kolaborasi antara Donggi Matindok Field dengan IHC yaitu Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) sebagai provider yang melakukan MCU Onsite.

Adapun kerja sama ini adalah salah satu bentuk implementasi tata nilai AKHLAK yaitu Amanah, Kolaboratif dan Kompeten. MCU onsite dilaksanakan juga untuk mendukung efektif dan efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan.

MCU On Site yang diikuti oleh 103 pekerja beserta keluarganya ini merupakan bagian dari upaya preventif perusahaan dalam memastikan kesehatan pekerja tetap terjaga dan mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh kondisi kerja.

Kegiatan ini dilakukan di Versatilla Hall Donggi Matindok Field sehingga memudahkan seluruh pekerja untuk menjalani pemeriksaan kesehatan tanpa harus meninggalkan area kerja.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan darah, pemeriksaan fisik, Spirometri, Audiometri, X-ray, USG hingga Pap Smear. Seluruh pekerja dan pasangannya yang berada di lokasi kerja Donggi Matindok Field diwajibkan mengikuti rangkaian pemeriksaan ini.

Manager Donggi Matindok Field, Ridwan Kiay Demak, mengungkapkan pentingnya kegiatan ini dalam menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.

“Kami menyadari bahwa kesehatan pekerja adalah aset terpenting perusahaan. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik melalui kegiatan MCU Onsite ini. Kami berharap, dengan deteksi dini, kita bisa mencegah terjadinya penyakit akibat kerja dan menjaga produktivitas serta kesejahteraan seluruh pekerja,” ujar Ridwan Kiay Demak.

Manager HSSE Operations Zona 13, Mas Rakhmatsyah, turut memberikan pernyataan mengenai kegiatan ini.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan MCU Onsite ini sebagai langkah nyata dalam meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di Donggi Matindok Field dan salah satu program upaya pencegahan illness fatality di tempat kerja. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan rutin seperti ini, kita dapat memastikan bahwa setiap pekerja dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya dengan optimal. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mencapai zero accident dan zero illness fatality di lingkungan kerja,” ujar Mas Rakhmatsyah.

Assistant Manager Health Zona 13, dr. Donny Ferizon Z, juga turut hadir dan memberikan penjelasan mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Dengan melakukan MCU secara berkala, kita bisa mendeteksi potensi penyakit sejak dini dan mengambil langkah pencegahan yang tepat,” tambah dr. Donny Ferizon Z.

Pertamina EP Donggi Matindok Field akan terus melakukan berbagai upaya preventif dan promotif dalam bidang kesehatan dan keselamatan kerja.

Dengan parameter yang lengkap dan tervalidasi oleh tim OHIH diharapkan hasil data MCU Onsite ini dapat dijadikan pedoman untuk mendeteksi secara dini adanya gangguan kesehatan pada pekerja sehubungan dengan proses kerja yang dilakukannya, dan dapat menjadi contoh bagi unit Regional dan Zona lainnya dalam menerapkan standar kesehatan dan keselamatan kerja yang tinggi, demi tercapainya lingkungan kerja yang sehat dan produktif.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Jum Amar