OBORMOTINDOK.CO.ID. BALUT– Tahapan seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Banggai Laut telah memasuki tahap akhir yakni test wawancara.

Sebanyak 42 calon panwascam dari tujuh kecamatan Kabupaten Banggai Laut mengikuti test wawancara yang digelar selama 3 hari, mulai dari tanggal 19 hingga 21 Oktober di Homestay Aufar.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Banggai Laut, Suparto Bungalo saat dikunjungi di lokasi kegiatan, Jum’at (21/10).

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Terdiri dari 7 kecamatan masing-masing 6 orang, jadi total ada 42 orang. Perwakilan perempuan ada 9 orang,” katanya.

Sambung Parto (panggilan akrab Ketua Bawaslu Banggai Laut), test wawancara ini untuk mengambil tiga orang, siapa yang layak dan tidak layak. Tentunya tidak asal ambil saja, tetapi melihat hasil wawancaranya.

“Seleksi kali ini berbeda dengan konsep sebelumnya. Bawaslu kali ini konsepnya terpimpin. Siapa yang bisa di pimpinan itu yang nantinya diloloskan. Bukan hanya persoalan intelektual bagus, tapi bagaimana bisa bekerjasama dengan baik dan ini diliat pada test wawancara,” terangnya.

“Hasilnya dari wawancara akan disampaikan sekitar tanggal 24 sampai 25 dan pelantikan tanggal 27 sampai 29,” ungkap Parto.

Sebagai pengambilan kebijakan di Bawaslu Banggai Laut, Parto menjamin seleksi yang dilaksanakan oleh pihaknya murni tidak ada titipan. Jika ada masukan dari masyarakat, dirinya berharap untuk dimasukkan langsung ke Bawaslu bukan melalui media sosial.

“Alangkah baiknya dimasukan ke Bawaslu jika ada saran, di media sosial memang kami pantau dan kami juga mengkonfirmasi ke pihak terkait. Tapi alangkah baiknya juga langsung ke kami. Jika benar tidak akan diloloskan, tanggapan dari masyarakat sangat kami butuhkan,” ucapnya. (MI)

Phian