OBORMOTINDOK.CO.ID, Luwuk – Pasca aksi damai oleh warga di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu, menyebabkan satu orang meninggal dunia. Olehnya, sejumlah mahasiswa di Kabupaten Banggai yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bersatu melakukan aksi damai solidaritas untuk warga di Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (15/2/2022).

Aksi damai solidaritas Aliansi Rakyat Bersatu di Kabupaten Banggai ini mengecam keras tindakan represif petugas di Kabupaten Parigi Moutong yang mengakibatkan satu orang tewas. Aksi ini dipimpin Bimbim sebagai Korlap.

Massa aksi sebelumnya berkumpul di kampus Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, kemudian menuju kantor Kejaksaan Negeri Luwuk. Di kantor ini, masa aksi menyampaikan 8 tuntutannya.

8 tuntutan itu Yakni tindaki pelanggar HAM, hentikan intimidasi dan kriminalisasi terhadap warga Kasimbar, usut dan adili pelaku penembakan korban penembakan di Parigi Moutong, Cabut IUP di Sulteng, copot Kapolda Sulteng, usut tuntas dugaan grativikasi tambang dan perkebunan sawit di Banggai dan tuntaskan KKN di PDAM Banggai.

Kemudian, masa aksi bertolak ke kantor DPRD Banggai dan menyampaikan tuntutannya. Sayangnya, para Aleg sedang mengikuti kegiatan musrenbang kabupaten. Sehingga tak ada satupun Aleg yang menerima tuntutan dari Aliansi Rakyat Bersatu.(no)

Phian