OBORMOTINDOK.CO.ID. Balut— Ransang Peningkatan Sumber daya Manusia di Kabupaten Banggai Laut, (Balut), Bupati Sofyan Kaepa terus lakukan langkah penjalinan kerja sama dengan sejumlah kampus besar di Indonesia.

Hal itu, disampaikan Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, saat memberilam sambutan pembukaan acara pameran Kreatifitas Mahasiswa KKN-MB UM Luwuk Angkatan XXXII di Taman kota Banggai Laut, (27/08/2022).

’’Hari ini saya baru  kembali kunjungan dari Menado dan Gorontalo, untuk memastikan kondisi anak-anak saya yang lagi berjuang menempuh pendidikan di rantau orang,”Katanya.

”Perjalanan kurang lebih satu minggu bertemu dengan pihak Universitas, sebelumnya kemarin baru dari Gunadarma, dan UGM untuk menjalin kerja sama, setelah ini selesai KKN-MB UM Luwuk, UGM akan Masuk di Kabupaten Banggai Laut,”tambahnya.

Kunjungan tersebut merupakan kerja nyata Bupati Banggai Laut dalam rangka meransang ilmu pendidikan pada masyarakat, dalam peningkatan SDM Daerah.

“Angka pendidikan di Banggai Laut yang masi rendah di banding dengan Kabupaten lainnya. Oleh sebab itu selaku Pemerintah Daerah, kami juga butuh rasangan yang kuat dari masyarakat, Hari ini Mahasiswa KKN-MB UM Luwuk, telah memberikan ransangan baru lagi khususnya dalam kegiatan pameran Kreatitifitas terhadap masyarakat Banggai Laut”katanya.

Ia juga menyampaikan, kalau KKN hadir di suatu daerah, adalah untuk merangsang para orang tua,  bahwa anak-anak sejatinya membutuhkan pendidikan, dan juga meransang anak-anak kita agar semangat dalam menempuh pendidikan, tentunya ini semua bentuk perhatian Pemerintah Daerah khusu di bidang pendidikan,” paparnya

Pada kesempatan itu, Bupati Sofyan meminta kembali pada Rektor Unismuh Luwuk agar kedepan UM Luwuk Bisa mengirimkan kembali mahasiswa KKN di Banggai Laut dengan Program yang berbeda dan lebih fokus pada Program Kelautan dan Perikanan.

“Saya selaku pemerintah Daerah meminta untuk di adakan kembali KKN yang kedua kalinya pada Rektor UM Luwuk, dengan program yang berbeda jika hari ini programnya UMKM kedepan kita Fokus pada Program Kelautan dan perikanan, melihat wilayah Banggai laut ini merupakan wilayah industri perikanan dan kelautan,’’ Jelasnya

“Terimakasih kepada Civitas Akademika UM Luwuk Mahasiswa KKN, jika selama disini ada yang kurang baik tolong di simpan saja di sini, tetapi kalau ada yang baik tolong sampaikan di luar Banggai sana, bahwa Banggai Laut hebat, dan banggai laut insya allah akan berkembang”, Tutupnya.(fn)

Phian