KINTOM-MOTINDOK. Desa Uling Kecamatan Kintom adalah salah satu desa yang mengikuti Lomba desa di Kecamatan Kintom, lomba desa yang bertempat di Balai Desa Uling Kecamatan Kintom senin (16/04/ 2018).

Hadir pada kegiatan lomba desa tersebut Ketua Tim PKK Kabupaten Banggai yang di wakili oleh Ny. Siti Dg. Matorang, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Sekretaris Dinas BPMPD Kabupaten Banggai Hasan Baswan M. Dg. Masikki, S.STP, M.Si, hadir juga sejumlah rombongan, Camat Kintom, Kapolsek Kintom, Babinsa Uling, KUA Kecamatan Kintom, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Agama, Kades dan Lurah bersama aparat Desa Se Kecamatan Kintom, PKK Kintom, staf Kecamatan dan seluruh PNS UPTD Sekecamatan Kintom serta masyarakat Desa Uling. Serta jumlah undangan bersekisar 200 orang.

Kegiatan lomba dasa sebelumnya di bukan diawali tarian cakalele sebagai ucapan selamat datang serta nyanyian musik rebana dari Karang Taruna Desa Uling kepada Tim Penilai Kabupaten dan kemudian di lanjutkan dengan tampilan senam Lansia Desa Uling dan senam dari Anak-anak SD Inpres Uling sebagai hiburan pembuka.

Kegiatan ini merupakan program tiap tahun dari pemerintah pusat sampai kepada Pemerintah Kabupaten. Dan Desa Uling terpilih mewakili Kecamatan kintom untuk lomba Desa di tingkat Kabupaten.

Tim penilai lomba desa dari Kabupaten yang datang menilai di Desa Uling merupakan Tim Tiga yang di Pimpin oleh Sekdis BPMPD Kabupaten Banggai dengan membawahi beberapa Dinas terkait seperti BPMPD Kabupaten Banggai, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Koprasi, Pemberdayaan Dinas Perempuan dan BKKBN Kabupaten Banggai.

Sementara aspek Penilainya meliputi kesehatan, pendidikan, keluarga bencana, pengelolaan administrasi Desa, keuangan Desa dan kemandirian kewirausahaan Desa.(PL)

ombatui