OBORMOTINDOK.CO.ID. Morut- Dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional, Babinsa Koramil 1311-05/Mori Atas, Serda Alvirum, aktif turun ke lapangan untuk membantu petani dalam kegiatan panen padi di Desa Peonea, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara, Kamis, 20 Juni 2024

Pendampingan ini dilaksanakan di lahan kelompok tani Putong yang memiliki luas total 20 hektar.

Pada kegiatan panen yang dilakukan hari ini, seluas 2 hektar dari total lahan tersebut berhasil dipanen dengan hasil mencapai 158 karung atau sekitar 7.900 kg gabah.

Kehadiran Serda Alvirum bersama para petani tidak hanya bertujuan untuk membantu proses panen, tetapi juga memberikan motivasi serta dukungan teknis guna meningkatkan hasil panen di masa mendatang.

Serda Alvirum menegaskan bahwa keterlibatan Babinsa dalam kegiatan pertanian merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab mereka untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

“Sebagai Babinsa, kami berkomitmen untuk selalu mendampingi petani dalam setiap tahap pertanian, mulai dari penanaman hingga panen. Kami berharap melalui pendampingan ini, petani dapat mencapai hasil yang optimal dan swasembada pangan di daerah ini dapat terwujud,” kata Serda Alvirum.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa memberikan berbagai arahan teknis kepada petani mengenai metode panen yang baik, penanganan pasca panen, dan pengelolaan hasil panen agar kualitas gabah tetap terjaga. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan petani dalam mengelola lahan mereka, sekaligus memastikan proses panen berjalan lancar dan efisien.

Ketua kelompok tani Putong, yang diwakili oleh salah satu anggotanya, menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Babinsa.

“Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa yang selalu hadir membantu kami. Dengan adanya pendampingan ini, kami merasa lebih termotivasi dan optimis dalam meningkatkan hasil panen kami,” ungkapnya.

Program pendampingan ini merupakan bagian dari upaya TNI AD dalam mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di wilayah-wilayah yang memerlukan perhatian lebih dalam sektor pertanian. Dengan keterlibatan aktif Babinsa, diharapkan petani dapat lebih mandiri dan produktif, sehingga swasembada pangan dapat tercapai dengan baik.

Kegiatan seperti ini juga menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat, serta mendorong partisipasi aktif warga dalam mendukung program-program pemerintah. Babinsa Koramil 1311-05/Mori Atas akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat di wilayah binaannya.(teguh).

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Semuel Siombo