OBORMOTINDOK.CO.ID. Bupati Morowali Utara, (Morut), Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, menghadiri kegiatan workshop “Peningkatan Kapabilitas Ekonomi Dan Bisnis Decision Makers di Kawasan Timur Indonesia pada Sektor Mineral dan Energi” di Hotel Aston Makassar pada Kamis (09/03/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah dari Kabupaten yang memiliki operasional tambang dan smelter nikel di Kawasan Timur Indonesia dan diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapabilitas para Bupati dalam pembuatan kebijakan di daerah terkait aspek ekonomi dari sektor mineral dan energi.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Politik Dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Ny. Roshni Nikody, menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Daerah yang hadir serta menyatakan para narasumber yang hadir merupakan pakar terpercaya di bidang mineral dan energi yang dapat membagikan pengetahuan dan informasi khususnya di kedua bidang tersebut.

Dr. Adnan Purichta Ichsan SH, MH, selaku Sekjen Apkasi juga menjelaskan bahwa APKASI bertugas sebagai jembatan antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat dalam pengambilan kebijakan.

Bupati Delis dalam sesi diskusi menyampaikan bahwa setiap Kepala Daerah yang memiliki operasional tambang hendaknya diberikan kewenangan khusus untuk mengatur atau mengelola tambang yang ada pada daerahnya masing-masing dan ingin adanya optimalisasi Perusahaan Umum Daerah dalam sektor tambang.

Dr. Adnan Purichta Ichsan selaku Sekjen Apkasi, akan melakukan tindak lanjut untuk berdiskusi membahas hal-hal tersebut dengan para pemangku kepentingan seperti sejumlah Kementerian terkait serta Komisi VII DPR RI yang membawahi bidang pertambangan.

Kegiatan workshop dibagi menjadi 2 sesi, yaitu perkembangan sistem pertambangan dan potensi energi panas bumi di Kawasan Indonesia Timur.

Diharapkan kegiatan ini dapat memunculkan ide-ide yang baik dan membuat rekomendasi yang dapat disampaikan kepada para pemangku kebijakan untuk mengambil kebijakan yang selalu berpihak kepada kepentingan bangsa, negara, dan Indonesia.**

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

Semuel Siombo