OBORMOTINDOK.CO.ID LUWUK-Kabupaten Banggai saat ini tengah berupaya untuk menata pembangunan dari berbagai sektor unggulan, termasuk di antaranya adalah pembangunan sektor kebersihan.

Berbagai potensi yang dimiliki daerah ini dapat dijadikan sebagai salah-satu alternatif destinasi atau kawasan spesifik yang dipilih oleh seorang pengunjung. Keragaman kekayaan budaya, seni, keindahan alam dan berbagai potensi lainnya dapat menjadi pertimbangan untuk mereka berkunjung dan bahkan berinvestasi di Kabupaten Banggai.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. saat memberikan sambutan pada kegiatan “Gerakan Indonesia Bebas Sampah” yang dilaksanakan oleh AirNav Indonesia, Senin, 28 Agustus 2023 di eks Astaka MTQ Teluk Lalong Luwuk.

“Kami yakin, dengan edukasi yang terus-menerus, persoalan kebersihan lingkungan bisa diatasi, karena masyarakat mudah diajak bekerjasama demi kemajuan mereka,” kata Bupati Amirudin.

Ia menekankan, intinya adalah keterlibatan dan peran masyarakat, pemerintah serta BUMN dan BUMD. Karena menurut orang nomor satu di Kabupaten Banggai ini, tidak mungkin semua hal bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah tanpa keterlibatan semua pihak.

Menurutnya, bila warga merasa dirinya nyaman dan aman, secara otomatis dirinya mau terlibat dalam pembangunan di daerahnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihak penyelenggara berkesempatan melakukan serah terima bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perum LPPNI Tahun 2023 kepada Bupati Banggai berupa 1 unit mesin pengelolah sampah plastik dan 3 set tempat sampah.

Selanjutnya perwakilan peserta yang hadir dengan diantar oleh armada yang telah disiapkan, melakukan pembersihan sampah plastik di area Teluk Lalong.

Hadir di kegiatan tersebut, Kajari Banggai Raden Wisnu Bagus Wicaksono, sejumlah pimpinan OPD, Kabag Prokopim Setda Banggai, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AirNav Indonesia Azizatun Azhimah, Manajemen Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perum LPPNPI Farchan Jamil, General Manejer AirNav Luwuk Goan Manupak Hendra Pangariupuan, Pimpinan GAM dan anggota, sejumlah perwakilan sekolah dan ungangan lainnya. (**)

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

R Afandi Kudrat