OBORMOTINDOK.CO.ID. DONGGALA- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng memberikan 16 sertifikat penghargaan kepada penggiat lingkungan hidup memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023.

Penyerahan sertifikat penghargaan itu berlangsung di Karavea Dive Resort Pantai Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Jumat (9/6/2023).

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini diawali dengan aksi bersih pantai yaitu, kegiatan membersihkan dan memungut sampah di sepanjang Pantai Tanjung Karang bersama para pegiat lingkungan.

Acara peringatan ini kemudian dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2023 sekaligus pembacaan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulteng, Yopie M.I. Patiro.

Pada kesempatan itu, Yopie menyampaikan bahwa pada sesi kelima United Nations Environment Assembly (UNEA-5.2) pada 2 Maret 2022 yang bertempat di Nairobi, Kenya, sebanyak 175 perwakilan dari negara-negara di dunia menyatakan dukungannya terhadap kesepakatan internasional untuk mengakhiri polusi plastik.

Ia menjelaskan, rencana mengakhiri polusi plastik ini disebut “Resolusi Polusi Plastik” (Plastic Pollution Resolution) yang secara spesifik membahas soal penanggulangan polusi plastik dalam satu siklus penuh, mulai dari sumbernya sampai ketika berakhir di laut.

“Resolusi plastik ini langkah besar dalam upaya dunia memerangi polusi plastik, mengingat semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik yang ikut berperan dalam tiga jenis krisis yang melanda planet kita: perubahan iklim, kehilangan biodiversitas, serta polusi,” Kata Yopie M.I. Patiro.

Setelah itu, kegiatan berlanjut ke penyerahan 16 piagam penghargaan kepada organisasi pemerhati dan pegiat lingkungan. yaitu ; Pertama, PT. Panca Amara Utama dalam menjaga dan melestarikan burung Maleo.

Kedua, Bank Sampah 45 dalam pengembangan Bank Sampah dan penanganan sampah.

Ketiga, Donggala Diving Club dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup di sekitarnya.

Keempat, Saiful Bakri, pengabdi lingkungan “Penyu”.

Lima, Ilham Ari Wibadi, pembina lingkungan “Pertanian Organik Ramah Lingkungan” dan lainnya.

Acara peringatan ini diakhiri dengan selebrasi pembentangan spanduk HLH Tahun 2023 di dalam laut Pantai Donggala serta orasi dari masing-masing organisasi pemerhati lingkungan.

Turut hadir, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng, DLH Kota Palu, DLH Kabupaten Donggala, DLH Kabupaten Sigi serta CSR PT. Hengjaya Mineralindo, PT. Panca Amara Utama, PT. Indonesiqa Morowali Industri Park, PT. CPM, serta PT. Bukit Makmur Istindo Nikeltama.**

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

R Afandi Kudrat