OBORMOTINDOK.CO.ID. BANGGAI Pemerintah Kabupaten Banggai kini memiliki ruang pusat kendali dan pemantau atau Banggai Command Center.

Fasilitas ini diresmikan setelah upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Banggai, dihadiri oleh Bupati Banggai Amirudin, Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah dan pejabat Forkopimda.

Bupati Amirudin menyatakan bahwa Banggai Command Center merupakan lompatan besar dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Banggai.

“Alhamdulillah Kabupaten Banggai terus berkembang maju mengikuti daerah-daerah lain. Saat ini smart city semakin semarak. SPBE juga terus kita ikuti. Kita bersyukur bahwa hari ini Kabupaten Banggai punya command center,” ujar Bupati Amirudin.

Banggai Command Center berfungsi sebagai pusat pemantauan, respons, dan pengendalian interaksi masyarakat dengan pemerintah, sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan secara cepat.

“Kita juga punya banyak dashboard, mulai dari pajak, stunting, kemudian data-data lain di setiap OPD. Ini akan terus kita kembangkan,” tambah Bupati Amirudin sambil menunjuk sejumlah panel layar yang terpajang di tiga sisi dinding command center.

Proyek ini dibangun selama 5 bulan dengan anggaran sebesar Rp10,9 miliar oleh PT Data Nusantara Adhikarya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai, Lesmana P. Kulap, menjelaskan bahwa pembangunan Banggai Command Center meliputi pembuatan ruang command center, pengadaan peralatan/hardware beserta perangkat lunak (software).

“Dari tiga ruang lingkup pekerjaan pengadaan Command Center yang dituangkan ke dalam kontrak, semuanya selesai dilaksanakan dengan baik,” kata Lesmana.

Banggai Command Center dilengkapi dengan 275 buah kamera pemantau (CCTV) yang terpasang di 98 titik, mulai dari gapura selamat datang di Bandara Syukuran Aminudin Amir, Desa Bubung, Luwuk Selatan, hingga Desa Bunga, Luwuk Utara.

“Pemasangan kamera pemantau tidak hanya di jalan protokol, tetapi kami juga pasang di tempat-tempat publik, seperti ruang terbuka hijau, fasilitas olahraga, dan objek wisata Pantai Kilo 5,” terang Kepala DKISP Banggai.

Selain itu, Banggai Command Center juga memiliki fasilitas layanan Call Center Panggilan Darurat 112 yang disediakan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan PT Jasnita Telekomindo. Saat ini, terdapat 18 orang yang direkrut oleh DKISP sebagai admin Banggai Command Center.

“Mereka telah kami berikan pelatihan dalam mengoperasionalkan seluruh layanan yang ada,” kata Lesmana.

Dengan adanya Banggai Command Center, diharapkan Kabupaten Banggai dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan layanan kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup warga.**

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Ainul Haq S