OBORMOTINDOK.CO.ID. Luwuk- Kepala Desa Dondo Kecamatan Balantak Selatan, Risora Effendy, terpaksa diadukan oleh pihak yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Desa Dondo ke Bupati Banggai, Ir.H.Amirudin, Senin 27 Maret 2023.

Risora Effendy dilaporkan atas sejumlah kebijakan yang menimbulkan polemik di masyarakat setempat. Ada sebanyak 11 poin aduan yang dilayangkan kepada Bupati Banggai dengan tembusan kepada Dewan Perwakila Rakyat Daerah (DPRD) Banggai.

Yang mana 11 poin aduan tersebut telah dibubuhi tanda tangan beberapa perwakilan diantaranya, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Perwakilan Lembaga Adat, dan Pengurus Karang Taruna.

Informasi yang diterima Wartwan Obormotindok.co.id, yang mana surat aduan tersebut telah mendapat respon dari H. Amirudin selaku Bupati Banggai, yang tertuang dalam lembar disposisi yang harus ditindak lanjuti oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai.

Selain 11 poin yang menjadi dasar aduan, sikap mosi tidak percaya terhadap Risora Effendy selaku Kapala Desa, juga menguat. Yang mana terdapat sekitar hampir 100 warga setempat membubuhkan tanda tangan menolak seluruh kebijakan yang dilakukan secara sepihak.

Beberapa kebijakan Rosora Effendy yang sangat ditentang oleh warga setempat sesuai yang tertuang dalam surat aduan yakni, dalam pelaksanaan tugasnya pada tanggal 3 Februari 2023, Kepala Desa melakukan pemberhentian operator desa tanpa alasan yang jelas dan tanpa adanya upaya pembinaan dan atau peringatan sebelumnya.

Dengan adanya aduan tersebut, Onci Sipoy salah satu tokoh masyarakat berharap agar Bupati Banggai bisa mengambil sikap dan melakukan pembinaan kepada Kepala Desa Dondo yang baru sekitar beberapa bulan menjabat.

Menurut Onci Sipoy, sebagai pembina dari seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Banggai, Bupati harus memberikan pembinaan dan sanksi jika memang ada kepala desa yang salah dalam mengambil kebijakan, apalagi jika itu bertentangan dengan aturan atau ketetapan perundang-undangan yang berlaku.

Aduan serupa pernah terjadi, dimana Bupati Banggai terpaksa memberhentikan Aswan Pasal dari jabatannya sebagai Kepala Desa Salipi Kecamatan Bualemo.

Pemberhentian Aswan Pasal yang dilantik pada tahun 2021 lalu, didasari adanya Aduan 11 Kader Posyandu Balita Lansia yang merupakan Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) Salipi. SK pemberhentian terhadap Kades Salipi itu telah ditanda tangani Bupati pada Senin 6 Januari 2023 lalu.**

**) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

Amlin Usman