OBORMOTINDOK.CO.ID – PT Piaggio Indonesia yang menjual merek Vespa, Moto Guzzi, Piaggio, dan Aprilia membuat seremoni tahap awal pengembangan industri di Tanah Air. Setelah 10 tahun berkiprah, brand asal Italia ini akhirnya mendirikan pabrik di Indonesia.

Pabrik PT Piaggio Indonesia dibangun di atas lahan seluas 55.000 meter persegi yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India.

Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio Indonesia menyebut Indonesia adalah basis penggemar Vespa kedua di dunia, setelah Italia.

Pabrik ini akan mulai berproduksi pada kuartal keempat tahun 2022 dengan kapasitas 10.000 unit per tahun untuk melayani pasar domestik.

“Kehadiran Vespa di indonesia bisa dilihat sejak 1950-an. Lewat sejarah panjang di Indonesia, saya percaya Indonesia memiliki penggemar Vespa terbesar kedua setelah Italia. Ini menegaskan bahwa Italia dan Indonesia punya passion yang sama. Saya menemukan kecintaan yang besar di indonesia kepada Vespa sama seperti di Italia,” kata Marco dalam sambutannya, Selasa (9/9/2021).

Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India.

“Pada tahap pertama, merek ikonik kami, Vespa akan menjadi produk fokus dari kegiatan operasional di fasilitas ini. Vespa pertama dari dan untuk Indonesia akan diluncurkan pada akhir tahun 2022,” kata Marco.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang hadir dalam acara seremonial tahap awal tersebut mengungkapkan, industri otomotif di Indonesia masih bisa terus bertumbuh sebab rasio kepemilikan kendaraan bermotor masih rendah, terutama di segmen premium.

“Rasio kepemilikan sepeda motor masih relatif kecil, berdasarkan catatan kami 1 banding 6 yang memiliki sepeda motor,” kata Agus di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021).

“Indonesia memiliki target dengan kekuatan ekonomi 7 besar di dunia pada tahun 2030. PDP dari rakyat Indonesia akan semakin tinggi dan naik,” tuturnya.

“Ketika sudah menjadi negara ekonomi terbesar 7 di dunia.Saya tidak bisa bayangkan masyarakat middle class yang dimiliki Indonesia. Itu adalah target pasar Piaggio, atau Vespa pada khususnya,” ujarnya. *

Sumber: Detik.com

Phian