OBORMOTINDOK.CO.ID. Morowali Utara- Intensitas hujan yang sangat tinggi di beberapa wilayah Kabupaten Morowali Utara dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah daerah terendam banjir.

Menanggapi situasi ini, Kepolisian Resor (Polres) Morowali Utara telah menerjunkan personelnya untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir, Selasa, 9 Juli 2024.

Kapolres Morowali Utara, AKBP Imam Wijayanto, S.I.K., M.H., menyatakan bahwa curah hujan yang ekstrem dalam beberapa hari ini telah menyebabkan banjir di beberapa wilayah.

“Ada beberapa desa yang terdampak banjir, antara lain Desa Tokala Atas, Desa Uemasi, Desa Tirongan Atas, dan Desa Kolombang di Kecamatan Bungku Utara. Banjir yang disebabkan oleh meluapnya Sungai Siombo dan Solata telah merendam rumah warga hingga setinggi 50 cm. Selain itu, Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Desa Korempeli dan Desa Lemboroma juga terputus total akibat meluapnya Sungai Tambalako setinggi 1 meter, namun arus lalu lintas sudah kembali normal pada pukul 20.00 WITA semalam,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Imam Wijayanto juga melaporkan bahwa 10 rumah di Desa Tandoyondo, Kecamatan Soyo Jaya, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Busanga.

Personel Polres Morowali Utara telah membantu evakuasi barang-barang berharga milik warga.

Di Desa Mohoni, debit air Sungai Tambalako meluap sehingga mengakibatkan rumah warga di Desa Mohoni dan Desa Ungkea, Kecamatan Petasia Timur, terendam banjir.

Personel Polres Morowali Utara juga dikerahkan untuk melakukan evakuasi, pertolongan kepada warga, dan pengaturan lalu lintas di Jalan Trans Sulawesi yang terendam banjir.

Dalam rangka mengantisipasi potensi banjir di wilayah lain mengingat kondisi cuaca yang ekstrem, Polres Morowali Utara telah menyiagakan personel di setiap polsek dan kecamatan.

“Kami juga berkoordinasi dan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Morowali Utara, TNI, serta pemangku kepentingan lainnya,” tambah Kapolres.

Polres Morowali Utara juga melakukan patroli rutin dan pengamanan rumah warga yang terdampak banjir untuk mencegah tindak kejahatan seperti pencurian. Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan permasalahan yang ditemukan di lapangan kepada pihak kepolisian setempat atau Bhabinkamtibmas.

“Langkah ini dilakukan untuk memastikan situasi di wilayah hukum Polres Morowali Utara tetap aman dan kondusif pasca-banjir,” tegas Kapolres.

Ia juga mengingatkan seluruh warga agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan bencana susulan. (teguh).

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Semuel Siombo