OBORMOTINDOK.CO.ID. Palu– Wakil Bupati Morowali Utara, H. Djira K, S.Pd, M.Pd, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Morowali Utara, menghadiri rapat koordinasi strategis untuk mengatasi kemiskinan yang digelar di kantor Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Palu, Kamis, 13 Juni 2024

Rapat yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Ma’mun Amir, dengan tema utama “Gerak Cepat Penurunan Kemiskinan Ekstrem Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Acara ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan utama, termasuk Ketua TKPKD tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Kepala Bappeda/Bappelitbangda, pimpinan perguruan tinggi di Palu, serta perwakilan dari instansi terkait seperti BPKP, BKKBN, dan BPS Sulteng.

Salah satu momentum penting dalam rapat tersebut adalah penyerahan dokumen rencana aksi tahun 2024 dan laporan penanggulangan kemiskinan daerah tahun 2023 dari Ketua TKPKD Kabupaten/Kota kepada Wakil Gubernur sebagai Ketua TKPKD Provinsi Sulteng.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Ma’mun Amir menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mencapai target nol persen kemiskinan ekstrem pada tahun 2024 ini.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sinergi dan kolaborasi yang kuat antar berbagai instansi pemerintah, swasta, BUMN, serta seluruh lapisan masyarakat, termasuk di tingkat desa.

“Saat ini, banyak perusahaan besar yang berinvestasi di Sulawesi Tengah. Dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan ini dapat dialokasikan untuk mengatasi masalah kemiskinan, sesuai dengan tanggung jawab sosial mereka,” ujar Wakil Bupati.

Selain itu, dana desa (DD) juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat program penghapusan kemiskinan ekstrem. Pemerintah kabupaten memiliki peran penting dalam mengarahkan penggunaan dana tersebut untuk program-program yang tepat.

“Wujudkan pengentasan kemiskinan ini memang tidak mudah, namun dengan partisipasi dan kolaborasi semua pihak, saya yakin kita dapat meraih hasil yang signifikan,” tambah Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

Rapat koordinasi ini menjadi momentum strategis dalam menetapkan langkah-langkah konkret untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Sulawesi Tengah, menjadikan daerah ini lebih sejahtera dan maju ke depannya.(teguh)

*) Ikuti berita terbaru Obormotindok.co.id di Google News

Semuel Siombo