Bupati Banggai yang di wakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pengembangan Wilayah Setda Banggai, Rudi PK Bullah, S.Sos menghadiri rangkaian acara Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H sekaligus Haul Pertama Al Habib Saggaf Bin Muhammad Al Jufri, Kamis (11/8/22) kemarin.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di kediaman Keluarga Bapak Ust. H. Masran S. Abadjia, bertempat di Kelurahan Nambo Lempek Kecamatan Nambo, Turut dihadiri juga oleh perwakilan Dandim 1308 LB, perwakilan Kapolres Banggai, Anggota DPRD Hanira Lasantu, Kepala Kemenag Kabupaten Banggai, Camat Nambo, Kapolsek, Danramil, Lurah Nambo Lempek, Ketua Komda Alkhairaat, Ketau WIA Alkhairaat, Para Abnaul Alkhairaat, Ketua IKMAL Kab. Banggai Bersama Anggota, Para Imam, serta para tokoh-tokoh setempat.

Dalam acara tersebut Rudi PK Bullah, S.Sos dalam penyampaiannya melalui sambutan tertulis Bupati Banggai mengatakan bahwa acara Haul Al Habib yang diselenggarakan merupakan ungkapan rasa syukur Kepada Allah SWT atas  nikmat yang diberikan dan merupakan wujud penghormatan dan bakti kepada orang tua kita, dalam hal ini bakti dari seluruh keturunan maupun murid serta simpatisan kepada Almarhum Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri, MA.

“Jika kita resapi makna haul ini, Alangkah bermanfaatnya haul ini jika kita hubungkan dengan kondisi kita saat ini, sebagaimana diketahui bersama, Haul berasal dari kata arab Haala artinya (Melakukan Perputaran), selanjutnya sebagai kata kerja disebut “Ya Hulu” Artinya (Sedangkan Melakukan Putaran), sedangkan “Haul” itu sendiri sering dimaknai sebagai Satu Putaran, artinya satu putaran dari suatu tanggal ke tanggal tertentu”. Jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa menurut pandangannya Haul memiliki tujuan yang semakna dengan pertemuan titik awal dan titik akhir dalam lingkaran.

“Kita tidak ingin Pewarisan nilai-nilai kepahlawanan harus terhambat bahkan terhenti, karena masuknya nilai-nilai baru dari luar, karena akan memperkuat jati diri kita sebagai sebuah bangsa di tengah pergaulan global”. Papar Rudi.

Selanjutnya, dalam rangkaian acara Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H, sekaligus Haul Al Habib, dirinya mengingatkan agar kiranya lebih menghargai dan memantapkan nilai-nilai sosial ketimuran yang sarat dengan nilai-nilai keagamaan dan merupakan ciri kepribadian atau jati diri bangsa mutlak diperlakukan di tengah persaingan di era global, jelas Rudi di akhir pidatonya.*

ombatui